Judul Penelitian :

Herbal treatment of allergic rhinitis: the use of N sativa

Sumber:

Am J Otolaryngol. 2010 Okt 12. Epub 2010 Okt 12. PMID: 20947211

Penulis:

Soheila Nikakhlagh, Fakher Rahim, Faezeh Hossein Nejad Aryani, Amir Syahpoush, Mehri Ghafouryan Brougerdnya, Nader Saki

Afiliasi Artikel:

Departemen THT, Rumah Sakit Imam Khomeini, Universitas Ilmu Kedokteran Ahvaz Jundishapur, Ahvaz, IraN

Rangkuman:

LATAR BELAKANG DAN TUJUAN:

Rhinitis alergi adalah penyakit kronis dan alergi yang paling umum, terutama pada anak-anak. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki efek anti-inflamasi N sativa dan dampaknya pada faktor-faktor inflamasi pada pasien dengan gejala rinitis alergi dan proses biaya studi klinis mereka.

BAHAN DAN METODE:

Sampel termasuk 66 pasien (kasus dan plasebo) dengan rinitis alergi terpapar minyak N sativa. Karakteristik individu, termasuk usia dan jenis kelamin, dan karakteristik penyakit, termasuk hidung tersumbat, hidung berair, hidung gatal, dan serangan bersin, dievaluasi. Dari awal penelitian, yaitu, hari 0, hingga akhir penelitian, yaitu hari ke 30, pengamat menyelesaikan kuesioner tingkat keparahan gejala.

HASIL:

Dalam penelitian ini, diteliti 66 pasien dengan rinitis alergi, termasuk 22 laki-laki (33,3%) dan 44 perempuan (66,7%) dengan usia rata-rata 47,19 tahuN Total Immunoglobulin E lebih dari 100 dilaporkan pada 38 pasien sebelum pengobataN Immunoglobulin E dalam pencucian hidung dari 7 pasien diamati dan tidak dapat diukur dalam 59 kasus. Hanya 6,1% dari populasi penelitian memiliki eosinofil mukosa hidung.

KESIMPULAN: Hasil menunjukkan bahwa N sativa dapat mengurangi adanya hidung mukosa hidung, hidung gatal, pilek, bersin, hipertrofi konka, dan mukosa pucat selama 2 minggu pertama (hari ke 15). Penemuan ini konsisten dengan bukti bahwa efek anti alergi terhadap komponen N sativa dapat dikaitkan dengan rinitis alergi. Selain itu, N sativa harus dipertimbangkan untuk mengobati rinitis alergika ketika efek dari obat anti alergi lain perlu dihindari.